Posted by : Unknown Rabu, 20 Agustus 2014

            Banda Aceh | Rabu (20/08) para peserta KKN Unsyiah tahun ini yang berada di Lampulo dalam program KKN-PPM yang di asuh oleh Dr. Ismail Sulaiman, S.TP., M.Sc, dosen jurusan teknologi hasil pertanian Unsyiah, menyelenggarakan aksi sosial berupa donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh. Acara ini dimulai pada pukul 09.00 WIB s.d. 13.00 WIB di lapangan di samping Polisi Air Aceh, dusun III Tgk. Disayang gampong Lampulo. Dari total peserta yang mendaftar untuk mendonor, hanya 30 kantong darah yang diperoleh dengan bergai jenis golongan darah. Ini dikarenakan banyak hal yang membuat peserta tidak bisa mendonor, seperti kurangnya hemoglobin (Hb) dan berat badan tidak mencukupi batas minimal syarat untuk donor darah. Jumlah ini mungkin tidak terlalu signifikan untuk membantu pemenuhan kebutuhan stok darah di kota Banda Aceh, namun, kegiatan ini merupakan wujud sumbangsih nyata dari peserta KKN dan masyarakat sekitar dusun III Tgk. Disayang untuk mereka yang membutuhkan. 
Perwakilan TNI sedang mengecek darah untuk donor


Seorang peserta KKN sedang melakukan donor darah

            “acara donor darah ini sangat bagus bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan prorgam KKN dan diharapkan ini dapat menjadi contoh bagi yang lain”, kata dr. Anjar, salah satu dokter PMI. Ini merupakan Aksi sosial yang merupakan bagian dari rangkaian memperingati HUT Republik Indonesia ke-69 tahun 2014 yang diselenggarakan oleh para peserta KKN. Sebelumnya, pada minggu(17/08) peserta KKN mengadakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan hari kemerdekaan, yaitu lomban bacaan shalat, lomba azan, lomba hafidz cilik, lomba mewarnai, lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng, tarik tambang dan agenda lomba yang sangat ditungu-tnggu oleh masyarakat adalah panjat pinang yang menjadi ikon dari acara 17 Agustus –an tiap tahunnya. Lomba yang sangat banyak, membuat panitia harus melanjutkan kegiatan perlombaan setelah Isya untuk perlombaan Hafidz serta lanjutan lomba hafalan bacaan shalat yang dsudah diadakan sebelumnya ketika siang hari dan pada hari senin (18/08) dilanjutkan dengan perlombaan memasak kreasi ikan keumamah.
            Menurut Mardan Syahpura, Koor. Kecamatan Mahasiswa, “Hampir 65% kegiatan yang telah dilaksanakan selama 15 hari di Lampulo, mulai dari kegiatan memperbaiki fasilitas gampong, mengadakan les sore bagi anak-anak, gotong royong, dan salah satu kegiatan besar yang dilaksanakan oleh peserta KKN adalah lomba kemerdekaan dengan berbagai  jenis lomba, dan puncak acaranya adalah pada hari ini (red-rabu) kami mengundang PMI Kota Banda Aceh dan mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan donor darah ini, dan Alhamdulillah terkumpul 28 kantong. Dan kami peserta KKN berharap kegiatan yang akan kami lakukan selanjutnya berjalan dengan sukses juga. Amin!.” (FNM)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright © KKN PPM Unsyiah Gampong Lampulo 2014 -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Developed by Fadlan -