Posted by : Unknown Senin, 18 Agustus 2014

Lampulo(17/08) | Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 tahun  Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang dan tanggal 8 Ramadan 1364 menurut Kalender Hijriyah, yang dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat diJalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

P R O K L A M A S I
KAMI BANGSA INDONESIA DENGAN INI MENYATAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA.
HAL-HAL YANG MENGENAI PEMINDAHAN KEKUASAAN DAN LAIN-LAIN DISELENGGARAKAN DENGAN CARA SAKSAMA DAN DALAM TEMPO YANG SESINGKAT-SINGKATNYA.
DJAKARTA, 17 AGUSTUS 1945
ATAS NAMA BANGSA INDONESIA.
SOEKARNO-HATTA.

Dengan semangat proklamasi 1945 itulah, peserta KKN-PPM Lampulo bekerja keras dalam melaksanakan dan menyukseskan acara perlombaan 17 Agustus 2014 ini. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan sebelah pabrik es yang terletak di dusun III Tgk. Disayang. Acara dimulai pada pukul 08.30 di Meunasah diawali dengan lomba mewarnai untuk tingkat anak-anak. Sebelum hari pelaksanaan, antusiasme warga sangat sedikit karena pada saat dilakukan pendataan oleh panitia, hanya sedikit yang mendaftar, tetapi pada hari pelaksanaan masyarakat sekitar sangat antusias dalam merayakannya terbukti dengan banyak nya orang tua yang datang mendampingi anaknya ntuk mengikuti lomba-lomba yang diadakan. Tidak hanya lomba mewarnai, lomba-lomba selanjutnya juga tinggi antusias masyarakatnya, hal ini membuat pantia kembali bekerja keras untuk mendata ulang peserta lomba. Bahkan masyarakat dari luar dusun III dan desa Lampulo juga berdatangan ke lokasi lomba.
suasana panjat pinang

kegembiraan peserta panjat pinang



mahasiswa KKN sedang mengibar Bendera Merah Putih selesai memasang hadiah


Agenda lomba yang sangat ditungu-tnggu oleh masyarakat adalah panjat pinang yang menjadi ikon dari acara 17 Agustus –an tiap tahunnya. Panjat pinang sendiri dilaksanakan pada sore hari setelah Ashar pada pukul 17.30 WIB dilakukan setelah selesai perlombaan tarik tambang yang juga tak kalah meriah dengan perlombaan lainnya. Ada 2 Pinang yang disediakan oleh panitia dengan masing-masingpinang memiliki ketinggian yang berbeda. Hadiah yang disediakan oleh panitia tidaklah mewah, tetapi itu tidak menyurutkan semangat peserta untuk memanjatnya pinag yang ukuran rendah dapat ditaklukkan oleh pemuda dengan 3 kali percobaan, sedangakan pinang yang ukuran tinggi sangat sulit ditaklukkan oleh peserta dikarenakan licin dan ukuran yang tinggi dan sampai saat azan Maghrib berkumandang pinang ini masih saja tidak bisa ditaklukkan, sehingga perlombaan dihentikan dan pinang harus ditebang.  Terlihat bagaimana kegembiraan yang dirasakan oleh masyarakat ketika perlombaan ini dilaksanakan dari padatnya jalan didepan lapangan.
Lomba yang sangat banyak, membuat panitia harus mellanjutkan kegiatan perlombaan setelah Isya untuk perlombaan Hafidz serta lanjutan lomba hafalan bacaan shalat yang dsudah diadakan sebelumnya ketika siang hari dan pada hari senin (18/08) dilanjutkan dengan perlombaak memasak kreasi ikan keumamah. (FNM)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright © KKN PPM Unsyiah Gampong Lampulo 2014 -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Developed by Fadlan -